WELCOME TO MY BLOG

Total Tayangan Laman

Selasa, 30 Maret 2010

Obituari dan Biografi

Di depan Futura 2000 dan Zephyr bis
Anak-anak asli dari sketsa Makam
Zephyr dan Dondi

Komunitas grafiti baru-baru ini kehilangan salah satu yang paling berpengaruh dan dihormati anggota. Hal ini dengan penyesalan yang mendalam bahwa kami mengumumkan berlalunya Dondi.

Lahir Donald J. White, ke Italia dan Afrika-Amerika orangtua, Dondi adalah anak bungsu dari lima anak laki-laki. Ia lahir 7 April 1961 di Manhattan dan dibesarkan di Timur bagian New York Brooklyn. Sebagai seorang anak ia masuk sekolah Katolik, pengaruh yang kemudian muncul dalam lukisan-lukisannya.

Dia adalah anak yang sangat kreatif dan mengejar sebuah array yang menarik termasuk hobi memelihara hewan peliharaan dan burung merpati terbang. Pada awal tahun 70-an ia memulai karirnya sebagai grafiti Naco, anggota kru Brooklyn berbasis dikenal sebagai "The Odd Partners," yang termasuk Mickey 729 (alias TO), Movin '(alias TI 149), Hurst (aka IO ), JEE 2 (aka JAMES), IK (alias HULK), tanggul dan UPS 2, antara lain. The Odd Mitra mendominasi M, J dan LL garis pada pertengahan tahun tujuh puluhan. Dondi sering dikutip MICKEY, Hurst, budak dan NOC 167 sebagai pengaruh utama dalam pembangunan sebagai seniman grafiti.

Pada tahun 1977 ia menciptakan klik grafiti sendiri, CIA, singkatan dari perut CRAZY ARTIST. Yang terdiri dari para anggota TOP masih aktif dan beberapa yang lebih baru merekrut, CIA TOP kru melanjutkan tradisi dominasi BMT tapi mulai memfokuskan perhatian pada baris Nomor 2 IRT juga. Sebuah daftar pendek dari beberapa anggota CIA di akhir tahun tujuh puluhan termasuk: SID, KIST, duro, Lovin 2 (alias Aeron), PETE, ERIC (alias DEAL), Z-RO, GREG 167, Rasta CIA dan KID 56, antara lain .

Berlangganan Dondi sepenuh hati kepada sistem magang grafiti umum dalam masyarakat. Dia cepat untuk memberikan panduan dan nasihat kepada teman dan pengikutnya. Garis besar dia ciptakan untuk sesama anggota awak dan sering membantu mereka dalam pelaksanaan mereka potong. Selama bertahun-tahun ia membantu membina bakat-bakat yang tak terhitung graffitists, banyak di antaranya membuat mereka sendiri kontribusi signifikan bagi budaya.

Pada tahun 1979, bersahabat dengan mencatat Dondi fotografer Martha Cooper. Dia mulai memotret pekerjaannya dan melanjutkan untuk mendokumentasikan lukisan seluruh mobil yang berjudul Children of the Makam Bagian 3 di kereta Banyak Baru halaman pada 31 Mei 1980. Foto-foto ini, yang sekarang muncul di buku legendaris Subway Art (Thames & Hudson, 1984), adalah yang pertama menampilkan graffitist "di belakang garis musuh" dan mewakili risiko yang sangat besar dengan mengekspos penulis dunia rahasia. Meskipun kontroversial, mereka indah dan penting tembakan yang berhasil mengungkapkan banyak misteri sekitar kereta lukisan dalam cara yang paling elegan.

Pada musim panas 1980, Dondi berpartisipasi dalam sebuah proyek yang disebut "Esses Studio." Itu adalah dua bulan usaha di mana atas seniman pada saat itu diundang untuk melukis kanvas di studio setting. Proyek ini didanai oleh pelindung seni bernama Sam Esses. Konsep proyek ini sederhana: untuk mempertahankan pekerjaan luar biasa yang dilakukan di kereta bawah tanah. Segera setelah dia menemukan seni grafitti, Esses terkejut mengetahui bahwa pekerjaan itu secara sistematis dihapus oleh MTA. Kemudian, melalui desakan temannya KEL139, DONDI datang dan melukis di studio. New York graffiti budaya pada waktu itu agak terpecah-pecah dan penulis yang terisolasi dari satu sama lain. Interborough aliansi yang jarang terjadi karena banyak persaingan tua bersikeras. Dengan 20/20 hindsight Ini menjadi jelas bahwa "Graffiti Studio 1980" dikatalisasi renaisans grafiti dari 80-an; di bagian karena berfungsi sebagai konvensi jaringan besar yang energi baru, aliansi dan berfokus bermunculan sebagainya. Dalam dua bulan yang singkat, banyak isolasi yang dirasakan oleh berbagai faksi menulis dihapus.

Dondi muncul dari studio dengan arah yang baru. Dua kelompok tertentu pada waktu itu, "The Soul Artists" dan "Fashion Moda," terlibat dalam grafiti bergerak ke dalam galeri. Dondi melakukan banyak dari lukisan kereta api yang sangat terbaik di periode ini (akhir 1980-an dan '81); tetapi juga memusatkan perhatiannya pada menciptakan kanvas pertamanya. Melalui hubungannya dengan The Soul Artists, ia menjadi bagian dari seni Village Timur merayakan ledakan awal hingga pertengahan '80-an. Dia dipamerkan di berbagai galeri East Village kecil, yang paling penting "The Fun Galeri", yang juga dipamerkan orang seperti Futura, CRASH, Keith Haring, Jean-Michel Basquiat, Fab-Lima Freddie dan Kenny Scharf.

Lukisan-lukisannya dan gambar yang diberikan dengan cermat karya, sering menampilkan "penelitian" dari huruf, angka-angka dan simbolis ikon seperti StayHigh 149's (suci) tongkat. Dia menggambarkan keadaan-Nya sendiri melalui prasasti di atas kanvas (misalnya: "Gladiator dari benua gelap terus pertempuran di atas tanah sampai menyembuhkan kebutaan"). Ia teringat kenangan masa kecil melalui gambar becak dan sen-farthings. Ia terinspirasi oleh karya Leonardo DaVinci dan cenderung untuk "referensi" di tengah karya DaVinci sendiri.

Dondi juga merupakan pusat kota reguler di klub-klub malam, yang sering "The Roxy" dan "Negril," klub pertama yang memperkenalkan musik hip-hop untuk ke-towners. Dia melakukan seni untuk Rock Steady Crew di awal tahun dan melakukan sampul album untuk Malcolm McClaren tinggal ke hip-hop, Buffalo Gals. Ia ditampilkan dalam semua "tindakan" sekuens dalam film Wild Style, menyamar sebagai Zoro, karakter utama, ketika Lee memilih untuk berbaring rendah. Dia juga melukis "Zoro" melatih ditampilkan dalam film. Cooper seri yang telah disebutkan sebelumnya, serta Henry Chalfant's photos dari seluruh-mobil, yang ditampilkan dalam Subway Art. Meskipun seluruh mobil ini telah datang untuk mewakilinya, itu benar-benar karyanya dalam mendefinisikan ulang "gaya liar" huruf mana Dondi Putih membuat kontribusi yang paling signifikan bagi budaya.

Bekerja dengan daftar yang tampaknya tak berujung nama samaran, DONDI reappraised pengertian tentang gaya. Beberapa nama yang digunakan pada kereta termasuk: BUS 129, MR. WHITE, PRA, POSE, ROLL, 2 BANYAK, dan ASIA. Karyanya menekankan dinamika dan bentuk huruf di atas makna, dengan fokus pada bentuk dan penjajaran. Dondi itu penuh kasih disebut sebagai "Gaya Master Umum," seperti yang umum diterima bahwa ia adalah seniman yang menetapkan standar untuk seni grafiti di masanya. Surat-surat yang dia ciptakan berdua akrobatik dan aerodinamis di alam dan komitmen mereka untuk logam dengan presisi yang luar biasa.

Pada 1983, Dondi menunjukkan kanvas-nya secara teratur di Eropa. Dia diwakili oleh pedagang seni Belanda, Yaki Kornblit, selama beberapa tahun dan pergi ke pameran lukisannya di seluruh Eropa untuk banyak tahun delapan puluhan. Pada bulan Mei tahun 1992, ia tampil dalam "The Legacy," pameran retrospektif di The Rempire galeri di Soho dan kemudian pada tahun yang sama dinobatkan oleh "Groninger Museum" di Groningen, Belanda dalam sepuluh tahun retrospektif. Pada tahun 1995, ia adalah bagian dari "Lima belas tahun di permukaan" media cetak dan menunjukkan portofolio yang diselenggarakan oleh CRASH. Selama beberapa tahun terakhir, Dondi menciptakan kolase, nyeri-stakingly rinci karya yang menggabungkan gambar pensil yang indah dengan cetak biru dari sistem kereta bawah tanah. Ia menghabiskan waktu berbulan-bulan pada masing-masing, dan hasil yang spektakuler.

Dondi adalah yang terbaik dan dicintai oleh banyak orang. Dia menyentuh begitu banyak di antara kita dengan kehidupan, cinta dan karya seni yang fantastis. Bagian dari warisan adalah karya seni indah tersisa bagi kami untuk menikmati dan belajar dari. Dondi White meninggalkan kami Friday October 2nd. Dia meninggal di rumah di perusahaan keluarga dan teman-teman, setelah lama sakit.

4 komentar:

  1. akkkehhee maz... piii grafiti'e apik ug...

    BalasHapus
  2. .nmany jua biografi mbagk'' ..
    .tetepant tah ea ..
    .haaaahaaaaaaaaaahaaaaaaai ..

    BalasHapus