WELCOME TO MY BLOG

Total Tayangan Laman

Senin, 29 Maret 2010

Harry Gamboa Jr Biografi

Harry Gamboa Jr Biografi

artis. Tumbuh di East Los Angeles pada tahun 1950-an dan 1960-an, Harry Gamboa Jr mendapati dirinya satu juta mil dari Impian Amerika dibuat di Hollywood. Tetapi ia berada di tengah-tengah sebuah gerakan protes sosial yang muncul. Pada tahun 1968, ia membantu mengatur sepuluh ribu siswa SMA untuk tahap walkouts sebagai protes terhadap pendidikan yang tidak memadai. Ketika Gamboa terdaftar di perguruan tinggi, Departemen Kepolisian Los Angeles diidentifikasi sebagai seorang subversif "yang terlibat dalam gangguan kekerasan pendirian" dalam pernyataannya di depan Senat AS yang diterbitkan pada tahun 1970 di Tingkat Subversion dalam "New Left" (Kongres AS, p . 22). Pada tahun 1970, Gamboa bersendi dua puluh ribu orang dalam sebuah pawai di East Los Angeles menentang Perang Vietnam, suatu peristiwa yang diserahkan ke polisi kerusuhan yang mematikan. Hari itu, sebagai polisi menembak dan membunuh wartawan Rubén Salazar, aktivis masyarakat yang lama Francisca Flores Gamboa direkrut untuk menjadi editor bernama Regeneracion tepat.

Dalam konteks sosial ini, Gamboa muncul sebagai seniman konseptual dan kinerja. Bagi dia, East Los Angeles adalah "sangat dahsyat itu hampir seperti absurdist teater." Media hanya diperparah situasi ini: "Aku selalu selalu takjub melihat betapa orang bisa memanipulasi bahan-cerita Anda dan mengubahnya. Dan aku rasa itu tepat setelah sekolah tinggi itu semacam diklik bahwa mereka telah gambar, dan aku tidak punya foto untuk membuktikan point saya "(Gamboa 1998, hal 2). Gamboa cepat membeli kamera dan bergabung dengan Patssi Valdez, Willie Herron, dan Gronk untuk membentuk Chicano dan kelompok seni Chicana ASCO (1972-1987).

Pada awal 1970-an, anggota ASCO terlibat dalam seni konseptual yang terkenal karena cara recoded disebut subversif tindakan-protes jalanan, grafiti, selebaran-sebagai kinerja, suatu langkah yang memungkinkan kelompok untuk merebut kembali ruang publik, mengartikulasikan kritik politik , dan memiliki pesan mereka beredar dalam wacana publik. Apa yang membuat unik ASCO tengah Chicana Chicano dan gerakan hak-hak sipil adalah bahwa hal itu digunakan teater absurdist taktik untuk menantang kekerasan polisi dan media stereotip. Tetapi juga menantang kelompok bermasalah aspek budaya Chicana Chicano dan nasionalisme. Memang, kelompok tampaknya kesal semua orang. Oleh karena itu, mereka memilih nama ASCO, yang merupakan bahasa Spanyol untuk "mual." Dalam serangkaian pertunjukan jalanan, ASCO campur tangan dalam masalah-masalah seperti Chicana Chicano dan korban dalam Perang Vietnam (Stasiun dari Salib, 1971), pos-pos pemeriksaan polisi di Timor Los Angeles (Pertama Perjamuan (setelah Mayor Riot), 1974), geng kekerasan (Decoy Korban Perang Gang, 1974), rasisme di dunia seni (Spray Paint LACMA, 1972), dan bahkan kecenderungan dogmatis di Chicano dan Chicana muralism ( Berjalan Mural, 1972; dan Instant Mural, 1974).

Sepanjang tahun 1970-an, Gamboa aktif di Los Angeles yang muncul seni, dengan penekanan pada kinerja dan seni konseptual. Sebagai ASCO's teori dan penulis, Gamboa menerbitkan banyak wawancara, esai, kinerja skrip, surat seni, dan fiksi opini yang ditujukan pengecualian menghadap Chicano dan Chicana seniman, khususnya seniman avant-garde. Pada tahun 1978, ia cofounded Los Angeles Contemporary Exhibitions (LACE), yang berpengaruh jangka artis galeri didanai melalui federal Pekerjaan dan Pelatihan Komprehensif Undang-Undang (CETA) program. LACE mungkin pusat seni pertama di pusat kota Los Angeles, muncul sebelum penciptaan Departemen Urusan Kebudayaan dan Museum of Contemporary Art.

Pada periode ini, Gamboa juga mengembangkan format multimedia baru, khususnya "tidak film" dan "fotonovela." Format ini berfokus pada proses media massa daripada konten mereka. Tidak ada film terdiri dari satu gambar diam yang berasal dari kinerja konseptual. Gambar, sering dikombinasikan dengan teks, kemudian didistribusikan di seluruh dunia sebagai bingkai terisolasi dari film yang sinematik. Ungkapan "Chicano bioskop" sering dicap ke surat. The Gore (1974) menyarankan kanibalistik sci-fi thriller yang terjadi di luar sebuah toko gadai. Film alternatif yang ada antara parodi seperti B film, gambar-teks konseptual keping (seri yang Autologüe, 1976), dan Warhol-esque bertuan superstardom (A La Mode, 1977; dan Vogue, 1978). Tinggal di East Los Angeles, Gamboa's superstar menjadi kritikus apa yang disebut "elite yang tidak jelas." Fotonovela dikombinasikan slide diproyeksikan dialog gambar dan dicatat sebagai bagian dari sebuah narasi absurdist dilakukan sebelum hidup penonton. Seperti dalam Doomestic Life (1983), fotonovelas sering bekerja dalam konteks melodramatis, menjelajahi absurditas, kekerasan, dan media saturasi bahwa azab dalam negeri. Segmen Fotonovelas dan video juga dimasukkan ke dalam kinerja Gamboa seni, dimulai dengan Antizonia (1987).

Pada pertengahan 1980-an, yang bekerja melalui akses kabel, Gamboa menghasilkan serangkaian video yang dieksplorasi baik stereotip dan gagasan-gagasan tradisional tentang Latina Latin dan keluarga, memberikan metafora yang diperpanjang untuk Asco itu sendiri, yang kemudian dalam proses perceraian. Dalam video ini, Gamboa menggabungkan pengaruh politik Chicano / suatu gerakan dengan kelebihan narasi wacana keluarga dalam film noir, B film, dan Meksiko telenovelas. Mulai tahun 1990, Gamboa menghasilkan serangkaian inovatif sendiri video menggunakan Hi-8 VHS kamera dan peralatan editing. Bekerja sebagai artis solo dengan ensemble cast Los Angeles-area seniman, Gamboa memasuki masa produktif dalam fotografi dan video. Dia juga berpaling dari bahan tertulis improvisasi, mengembangkan teori kinerja yang kolaboratif bersama-sama menyusun autobiografi, peran-bermain, dan historis komentar. Video-Nya meliputi serangkaian improvisasi docudramas: LA Familia (1993), Huevitos (1994), At Fault (1994), dan Mañanamania (1994).

Mulai tahun 1991, Gamboa menghasilkan foto seri yang sedang berlangsung di media Chicano representasi laki-laki, Chicano Pria: Unbonded. Foto seri, dengan hampir seratus foto, bermain dengan harapan bahwa Chicano penampil pria dapat terikat pada struktur kelompok-keluarga, geng, penjara-dan menyajikan Chicano teman-teman dan rekan di isolasi, sering kali dalam pakaian gelap pada malam hari. Subyek melihat kamera, menciptakan sebuah perpindahan yang sering menyebabkan penonton merasa mereka sedang dihadapi. Efek ini meningkat dengan penggunaan lensa sudut lebar, yang meniru kamera pengintai di mana-mana di daerah Los Angeles. Tetapi kontras dengan pengawasan biaya overhead yang biasa ditembak, Gamboa dokumen Chicano sedikit laki-laki dari sudut rendah shot, sebuah langkah yang menempatkan penonton di posisi rendah diri untuk mata pelajaran (kebanyakan profesional dan seniman). Di dekatnya perhatian pada implikasi teknik dan presentasi dalam dokumenter sosial Gamboa mampu "unbond" subyek laki-laki yang Chicano seri-nya.

Setelah 2000, Gamboa pindah semakin ke format digital untuk fotonovelas, memoar, dan foto arsip. Ia juga mengembangkan e-mail baru komunike, waktu cepat film, dan audio potongan.

Karya Gamboa mewakili alternatif vena dalam kanon dari Chicano dan Chicana seni dan surat-surat dan post-1968 avant-garde Amerika. Bahkan lebih penting lagi, tulisan-tulisannya dan gambar-teks bekerja menawarkan modus kritis dan mungkin bahkan sebuah sistem pemikiran baru tentang seni kontemporer itu sendiri, yang melakukan dua hal yang tampaknya saling bertentangan: satu, ia menggunakan bahasa terhadap dirinya sendiri dan dengan ekstensi terhadap kepastian tentang sejarah kebenaran; dan dua, hal itu tegas menghubungkan bahasa, seni, dan sosial dengan cara yang menghasilkan sejarah politik dan klaim. Jadi, jika Gamboa mempertanyakan media sebagai tujuan dasarnya, ia tidak begitu banyak menolak klaim kebenaran sebagai mengidentifikasi mereka sebagai strategi retorika dalam wacana publik. Pada akhirnya, Gamboa menyajikan sebuah teka-teki bagi sejarawan budaya. Dia adalah seseorang yang kerajinan penghapusan melibatkan diri dalam rangka untuk mempengaruhi dampak tak terbantahkan di kedua media massa dan seni alternatif. Memang, dengan pengecualian dari tulisan-tulisan produktif, yang paling terkenal karya-konseptual film, media hoax, surat seni, dan kinerja-telah cepat berlalu dr ingatan oleh desain. Pada awal abad kedua puluh satu, Web berfungsi sebagai situs untuk pekerjaan baru di sepanjang jalur tersebut.
Bibliografi dan Informasi Lebih Lanjut tentang Harry Gamboa Jr

* Gamboa surat-surat berada di Amerika Meksiko Koleksi di Perpustakaan Universitas Stanford. Video awal di University of California, Los Angeles (UCLA) Film dan Televisi Arsip, atas nama Pusat Penelitian Studi Chicano Library.
* Gamboa, Harry, Jr Harry Gamboa http://www.harrygamboajr Jr. com.
* Gamboa, Harry, Jr Urban Pembuangan: Collected Writings of Harry Gamboa Jr Diedit oleh A. Chon Noriega. Minneapolis: University of Minnesota Press, 1998.
* Kongres AS, Senat Komite Kehakiman, Sub-komite untuk Selidikilah Administrasi Internal Security Act dan Lain-lain Undang-Undang Keamanan Internal. Tingkat Subversion dalam "New Left": Kesaksian dari Robert J. Thoms. Pt. 1, 20 Januari 1970. Dengar pendapat, 91 Cong., 2nd sess. Washington, DC: US Government Printing Office, 1970. Lihat hal. 22-24 dan bagian penarikan menghadapi hal 38.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar